Tips Merawat Kaos Anak yang Benar

merawat kaos anak

Merawat kaos anak yang digunakan setiap hari bisa dibilang susah apalagi jika pakaian itu seperti katun bambu premium. Untuk menjaga agar pakaiannya tetap awet dan nyaman saat dikenakan, anda perlu memperhatikan beberapa hal. Sebagai orang tua, jangan hanya tahu soal bagaimana membuat tampilan yang keren untuk fashion anak. Seperti yang kita ketahui, pakaian anak cenderung lebih cepat kotor dari pakaian yang anda kenakan. Ini dikarenakan anak kecil biasanya suka bermain di tanah atau lumpur sehingga membuat pakaiannya lebih kotor. Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir karena saya kan membagikan tips kaos anak agar tetap awet, berikut caranya.

Jangan Merendam Kaos Terlalu Lama

Merendam kaos yang terlalu lama dapat merusak kualitas kaos serta sablon. Kamu juga harus mempertimbangkan jenis deterjen yang digunakan ya mom.  Apakah jenis deterjen bubuk atau cair serta ukuran  deterjen yang digunakan?Untuk jenis kaos sebaiknya tidak direndam dengan meggunakan deterjen cair dalam waktu yang lama karena dapat merusak pakaian

Pisahkan Kaos dengan Warna yang Mudah Luntur

Hal yang sangat penting anda lakukan adalah memisahkan kaos yang mudah luntur. Sebaiknya anda lebih berhati-hati saat membeli pakaian. Sehingga kaos dan pakaian yang Anda beli memiliki kualitas yang baik sehingga kain tidak akan luntur selama proses pencucian.

Tidak Perlu Menyikat Kaos

Sangat tidak disarankan bagi Anda untuk menyikat kaos. Kecuali jika ada kotoran yang membandel. Kerasnya bulu-bulu sikat bias merusak sablon pada kaos dan membuatnya terkelupas. Selain itu, bulu sikat juga dapat membuat bahan kaos menjadi longgar dan tipis. Selain itu, lebih baik jangan mengucek kaos dengan sangat keras karena dapat merusak pori-pori baju.

Ikutilah Panduan yang Tertera Pada Label Kaos

Dalam merawat kaos anak, sebaiknya anda memperhatikan panduan pada label kaos. Biasanya ada pada bagian dalam leher. Label tersebut akan diisi oleh perubahan berupa logo dan gambar yang mudah kamu pahami. Lalu tunggu apa lagi? Cek dulu panduan pada kaos sebelum anda mencucinya

Melakukan Pemilihan Kompilasi Pencucian

Memilih pakaian mana yang harus dicuci sekaligus sangatlah penting. Kebanyakan dari anda pasti lebih suka mencuci semua baju secara bersamaan kan? Mulai saat ini, hindari melakukan hal itu. Kamu harus mulai melakukan pemilihan pakian sebelum kamu mencucinya. Karena cara mencuci baju yang berwarna putih harus dipisahkan dengan warna yang lain.

Teknik Perendaman yang Benar

Saat merawat koas anak, perhatikan air yang digunakan. Ketahuilah bahwa panas itu buruk, dingin itu baik. Jadi mencuci dengan air dingin jauh lebih baik daripada memaksakan dengan air panas atau hangat. Karena hal itu hanya akan merusak kain, sablon, dan kerah kaos.

Tidak Menggunakan Mesin Pengering

Mesin pengering pakaian sangat praktis kerena dapat menghemat waktu dan tenaga. Tapi sayangnya tidak terlalu bagus untuk kaos favorit anda. Ingat? Dingin itu baik dan panas itu buruk.  Selain itu, menggunakan mesin akan membuat kain rusak jika dilakukan secara sering. Tentu berbahaya kan. Sebaiknya kmu hindari sebelum kos kesayangan anda rusak dengan cepat

Langsung Bersihkan Kaos saat Terkena Noda

Aktifitas kita yang dinamis membuat kita sering tak sadar akan noda yang menempel pada kaos terutama pada anak-anak. Biasanya noda-noda tersebut berasal dari noda makanan, kendaraan maupun kotoran jalanan seperti genangan air. Untuk mencegahnya menjadi noda yang membandel dan sulit dibersihkan. Sebaiknya segera membersihkan pakaian dengan air atau pembersih yang ada. Hal ini bermanfaat agar noda tersebut lebih mudah dihilangkan saat pencucian nanti.

Posisi yang Benar saat Menjemur

Setelah dibilas, jemur kaos dengan posisi dalam berada di luar. Ini perlu diperhatikan karena panasnya matahari dapat membuat warna memudar. Oleh karena itu jemurlah kaos telah sesuai dengan dibalik terlebih dahulu. Agar sablon dan warna pakaian luar tidak langsung dikenakan panas matahari.

Kurangi Penggunaan Hanger Saat Menjemur

Anda harus mengindari penggunaan hanger saat menjemur kaos. Hal ini dapat membuat kaos leher menjadi longgar. Karena sering ditarik saat memasukkan kerah ke dalam gantungan. Gunakan gantungan hanya saat kaos dalam keadaan kering.

Penggunaan Pemutih yang Tidak Aman

Jangan pernah menggunakan pemutih pakaian pada kaos Anda. Karena memang pemutih pakaian adalah bahan yang tidak ada, kecuali pada kaos putih. Bahan pemutih pakaian mengandung zat kimia yang sangat kuat dan bersifat seleksi unsur. Sehingga akan mencabut noda apapun yang menempel pada serat. Tentu hal ini dapat menyebabkan bahan kaos favorit Anda menjadi luntur dan pudar. Bahkan sablon pada kaos Anda pun bisa ikut terkelupas. Selain itu, pemutih pakaian juga menjadikan kaos Anda jadi cepat dan kasar.

Nah, itu dia tips merawat kaos anak  dengan benar. Agar tetap nyaman dipakai dan pastinya akan tahan lama. Semoga bermafaat untuk Anda.